Sunday, March 1, 2015

jennings si iseng

 jennings goes to school
jennings si iseng
anthony buckeridge
gramedia, september 1990
292 halaman


minggu 1/3 (9:59 am)

ini adalah buku pertama dari serial jennings yang beberapa bukunya (sepertinya tidak semua buku serial ini diterjemahkan dan diterbitkan di sini) diterjemahkan oleh gramedia dan terbit di tahun 1990an.

dalam buku ini kita diajak berkenalan dengan jennings yang baru pertama kali bersekolah asrama dan tinggal jauh dari keluarga. sebagai sesama anak baru, jennings kemudian berteman akrab dengan darbishire dan memulai kehidupannya sebagai siswa kelas 3 linbury court dan penghuni ruang tidur nomor 4.

beragam kesalahpahaman akibat interpretasi jennings yang berbeda terhadap apa yang diucapkan padanya membuat cerita dalam buku ini penuh dinamika. bagaimana tidak, ketika pak kepala sekolah tiba2 saja ingin melakukan latihan kebakaran dan menginstruksikan jennings untuk memimpin para murid melakukan penyelamatan diri, yang dilakukannya ada menelpon pemadam kebakaran! astagaa.. padahal ini khan bukan kebakaran sungguhan!

bagaimana reaksi petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi sekolah dan tidak menemukan satu pun sudut bangunan yang mengepulkan asap?

bagaimana juga cara jennings agar pak wilkins membatalkan niatannya untuk membatalkan pertandingan sepakbola melawan sekolah bracebridge? hmm.. tampaknya usahanya itu harus melibatkan laba2 'beracun' agar pak wilkins luluh.

temukan sendiri berbagai hal lainnya yang dialami jennings dan kawan2nya dalam buku ini.

3 bintang untuk "jennings si iseng".

gua berharap gua bisa ngasih bintang lebih tapi bintang 3 sepertinya cukup untuk merangkum keseluruhan isi buku ini :D

mungkin karena baru buku pertama jadi pastinya banyak penjelasan di sana sini agar pembaca bisa membayangkan lokasi tempat serial ini akan berlangsung selama beberapa buku.

mungkin di lain kesempatan kala gua membaca ulang, bintangnya akan bertambah tapi untuk saat ini, 3 bintang sepertinya cukup otree :p

minggu 1/3 (10:15 am)

lucky no15
4. it's been there forever

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~