Friday, March 13, 2015

blubber : si gembrot

jumat 13/3 (6:56 pm)

keterangan mengenai detail buku menyusul karena ngetik pakai hp rempong dhe aww malah tiap upload gambar nongolnya malah di bawah postingan XD

anywayy.. about 'blubber', buku ini bercerita mengenal jill brenner dan kehidupannya semasa sekolah yang sayangnya ketika gua menutup nih buku, pertanyaan pertama yang melintas adalah, "si jill ini ceritanya kelas berapa ya?!", huahahaha.. gua sama sekali ga inget boo :p

jill mempunyai teman dekat bernama tracy yang juga tetangga sebelah rumahnya, adik bernama kenny yang hobi membaca world's records lalu sekelas dengan apa ya istilahnya.. semacam 'ketua geng' di kelas githu dhe, orang yang segala 'titah'-nya harus dituruti tanpa dibantah dan siapa yang berani melawannya, awas ajaa.. harus siap menanggung resikonya.

gadis itu bernama wendy dan mempunyai teman dekat bernama caroline. jill termasuk yang 'dekat' dengan wendy dan ikut serta dalam 'hobi' wendy mengerjai anak perempuan gemuk teman sekelas mereka bernama linda.

ga dijelaskan kenapa linda yang dipilih wendy untuk menjadi sasaran bulan2an atau yang lebih beken dengan istilah bullying. ada2 aja 'ide' wendy dalam mem-bully linda, mulai dari memaksanya mengatakan bahwa ia blubber bau sebelum 'mengijinkannya' masuk ke kamar mandi, menyengkatnya hingga jatuh, menguncinya dalam lemari dan lain2.

linda tidak berani melawan, hanya menyahut lemah, menangis sampai2 tidak mau lagi naik bis sekolah dan minta ibunya mengantar jemput karena berada lebih lama bersama wendy and the gank itu sama saja menambah durasi siksaan.

jill tanpa sadar ikut mem-bully linda karena takut wendy marah padanya. tapi kemudian keadaan berbalik dan linda tak lagi menjadi sasaran.

kini segenap penjuru penghuni kelas jill mengarahkan ejekan pada dirinya. tapi tidak seperti linda yang hanya diam saja 'diinjak2', jill mencoba mempraktekkan saran nyokapnya untuk mentertawakan para pengejek tersebut tapi ohh sungguh rasanya berat sekali.

berhasilkah jill melepaskan diri dari pengaruh wendy dan berdiri mempertahankan dirinya?

bagaimana nasib linda selanjutnya, apakah ia tetap menjadi 'teman' wendy atau kembali menjadi sasaran bullying?

berubahkah sikap jill terhadap linda setelah ia merasakan berada dalam posisi linda?

temukan jawabannya dalam 'blubber' karya judy blume.

~.*.~

anywayy.. gua yakin banget dulu pernah baca 'blubber' tapi gua sih udah ga inget ceritanya XD

membaca ulang 'blubber' itu kinda reminds me of buku2nya jacqueline wilson. tipe buku yang 'memotret' kehidupan 'nyata' yang mungkin aja terjadi di sekitar kita.

gua udah ga inget gimana kesan gua dulu akan buku ini tapi kesan pas baca ulang itu ga bisa dipungkiri amat dipengaruhi oleh review2 yang gua baca di goodreads tentang buku ini.

membaca review2 orang tentang buku ini tuh mengasyikkan. walau linda didn't get her happy ending and even though jill did stood up for herself but she didn't feel sorry at all for what she had done to linda before

membaca perlakuan wendy ke linda aja bikin geleng2 kepala padahal in a real world itu para pelaku bullying itu bisa berbuat hal yang lebih kejam daripada yang digambarkan di buku.

perlu diingat, buku ini pertama terbit tahun 1974 yang artinya 40 tahun sudah berlalu sejak saat itu dan sayangnya yang jahat semakin jahat sementara yang baik mungkin terseret menjadi jahat dan bukan sebaliknya.

dalam rentang 40 tahun itu tentunya teknik 'bullying' udah lebih berkembang dan menjadi lebih kejam.

be aware, parents.. jadilah orangtua di mana anak merasa nyaman untuk bercerita tentang apapun yang dialaminya di sekolah dan bagaimana perlakuan orang2 sekitarnya terhadap dirinya.

karena sesal kemudian tiada berguna.

judy blume mengajak kita membuka mata bahwa 'bullying' (bahasa indonesia-nya apaan sih?) benar ada dan terjadi. baik korban ataupun pelaku, dua2nya perlu mendapatkan 'perhatian'.

3 bintang untuk 'blubber' yang banyak menyisakan pertanyaan 'mengapa begini? mengapa begitu?' serta memberi ruang yang luas untuk diskusi.

jumat 13/3 (9:30 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~