Monday, January 6, 2014

pasukan mau tahu : misteri gedung tua

the mystery of the hidden house
pasukan mau tahu : misteri gedung tua
enid blyton
gramedia, cetakan keempat : juni 2012
325 halaman


senin 6/1 (7:27 am)

salah satu keasyikan dari membaca kisah pasukan mau tahu adalah.. you'll never know what stories you will read, ahahahaha.. tentu saja masih berhubungan dengan misteri tapi ya itu ngga tau tentang apaan.. kalau agatha khan udah pasti ada yang meninggal, hanya saja siapa pelakunya dan bagaimana cara membunuhnya serta motif di baliknya itu yang menjadikan cerita2 agatha menarik untuk diikuti ;)

nahh.. pasukan mau tahu yang terdiri dari segerombolan anak remaja, 5 orang anak tepatnya, mereka adalah frederick, yang lebih sering dipanggil fatty (menariknya nama panjang fatty sendiri kalau disingkat memang 'fat', karena namanya adalah frederick algeron trotteville - kalau ga salah inget :p dan tubuh fatty memang rada gemuk, jadi nama panggilannya memang 'pas' sekali, ahahaha :D), kakak beradik pip dan bets serta kakak beradik larry dan daisy. oh anggota pasukan mau tahu juga ditambah dengan kehadiran buster, anjingnya fatty.

secara jumlah, pasukan mau tahu mirips bangets dengan lima sekawan ya, ehh.. kelebihan satu orang sih, ahahaha *ini bisa ngitung apa kaga sih?! XD* tapi kehadiran kakak beradik plus anjing, hmm.. melihat banyak sekali cerita enid yang berputar di sekitar hewan, jadi penasaran, apakah aslinya enid itu pencinta binatang ya?

anywayy.. back to topic..

sama seperti lima sekawan, dalam setiap liburan sekolahnya, pasukan mau tahu itu pasti bertemu dengan sebuah misteri untuk mereka pecahkan. bedanya dengan lima sekawan, kalau di lima sekawan itu ada aroma petualangan di mana tempatnya berpindah2, sementara di pasukan mau tahu sejauh gua baca sih kejadiannya itu lebih sering ya di daerah sekitar tempat tinggal mereka, jadi khan mereka bisa ngegangguin polisi desa si mister ayo pergi alias pak goon, ahahahahaha :p

'misteri gedung tua' tidak akan terendus oleh pasukan mau tahu andai saja ern, keponakannya pak goon, tidak sedang berlibur di tempat pamannya. pip, bets, larry dan daisy salah mengenali ern yang juga bertubuh subur, mereka kira ern itu fatty yang sedang menyamar! karenanya mereka mengikuti ern dari stasiun kereta sampai dengan ia masuk ke rumah pak goon, di situlah keempat anak itu mulai merasa ragu, apa benar anak itu fatty? kalau memang fatty, apa yang dilakukannya di rumah musuh bebuyutan mereka, rasa2nya ngga mungkin dhe fatty bisa seenaknya saja menyelonong masuk ke rumah polisi galak itu!

ternyata benar.. fatty baru datang di kereta berikutnya yang masuk ke stasiun. huaa.. pasti ern mengadu ke pamannya yang tidak2 mengenai kelakuan empat sekawan yang membuat polisi desa itu menyambangi ketiga rumah anak2 untuk memperingatkan orangtua mereka akan kelakuan anak2nya yang menurut ayo pergi sering menganggu ketenangan. akibatnya jelas, para orangtua melarang anak2nya menyelidiki misteri apapun agar tidak lagi perlu berurusan dengan polisi yang suka sok penting itu.

aduhh.. kaya bakal ada misteri yang harus dipecahkan ajaa.. liburan garing bangets nih ngga ada satu hal pun yang berjalan di luar kebiasaan, hmm.. ahaa! ya udah, kalau ngga boleh menyelidiki misteri, bagaimana jika mereka mengerjai keponakan si ayo pergi saja, uhuyy.. tampaknya ern tipe yang mudah percaya dan gampang dikerjai, horee..

rencana pun disusun, mereka menebar berbagai petunjuk dan secara misterius menugaskan ern untuk mengamati bukit natal karena di sana itu sedang ada sesuatu yang terjadi, hanya saja mereka belum berhasil menemukan petunjuk berarti. ern yang tidak familiar dengan wilayah tempat tinggal pamannya, menyusuri tepi sungai yang berbeda dan berjalan ke tempat lain yang malah membuat pasukan mau tahu tergelitik dengan hal2 'biasa' saja yang secara tidak sengaja didengar dan disaksikan ern.

huaa.. another mystery?! fatty dan kawan2 pun melakukan penyelidikan yang membawa mereka ke sebuah gedung tua di tengah hutan. penyelidikan berlanjut dengan mencari tahu lebih lanjut mengenai nama yang didengar oleh ern di malam seharusnya ia pergi ke bukit natal tempat anak2 lelaki pasukan mau tahu telah bersiap mengerjainya dengan memberi petunjuk palsu. fatty menyelidiki dalam penyamaran dan mendapatkan titik terang. hanya saja yang ia tidak tahu saat itu, orang yang diselidikinya merasa terusik dan berniat menyingkirkannya agar tidak ada penyelidikan lebih lanjut. sayangnya orang itu salah mengira fatty sebagai ern, karenanya ern lah yang menjadi sasaran penculikan, huaa..

di bawa ke manakah ern? anak itu ternyata lumayan panjang akal karena berhasil menebarkan petunjuk2 hingga pasukan mau tahu bisa mengira2 di mana tempat ern disembunyikan oleh para penjahat. dan yang mencengangkan, dalam misi menyelamatkan ern, mereka justru berhasil menguak misteri di balik gedung tua yang tampak terbengkalai dan tidak pernah dihuni itu, hohoho.. pak inspektur jenks pasti akan senang mendengar kabar gembira ini!

dan sekali lagi, horee.. pasukan mau tahu berhasil memecahkan misteri, cheers to them *trriingg* (suara gelas beradu, penting untuk dijelaskan, siapa tau ada yang ga mudeng, huahahahahaha :p).

and gua pun kembali merasa puas membaca cerita pasukan mau tahu, well done, enid!! ^o^

senin 6/1 (7:51 am)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~